Beraktivitas dengan Sadar

Sesi Hening Bersama “SADAR DALAM KESEHARIAN”

Hari, tanggal  : Sabtu, 27 Mei 2017

Pukul               : 14.00-16.00 WIB

Tempat            : Charisma Consulting

Kita pasti beraktivitas setiap hari. Beraktivitas adalah hal yang biasa dilakukan, sehingga menjadi hal yang otomatis dan tanpa disadari, bahkan melakukan secara multitasking. Hal tersebut membuat kita menjadi tidak sadar dengan pengalaman saat beraktivitas. Kita tidak menyadari bagaimana pikiran, perasaan, sensasi tubuh, dan perilaku kita. Melalui beraktivitas dengan sadar, kita berlatih untuk melakukan aktivitas secara single tasking (melakukan satu aktivitas dalam satu waktu) dan menyadari secara penuh pengalaman saat melakukannya. Kurang menyadari apa yang terjadi saat beraktivitas sering kali terjadi hingga akhirnya aktivitas tersebut berlalu tanpa benar-benar kita rasakan kenikmatannya atau justru ketidaknyamanannya.

14d6a475-6dd3-4c98-b50c-b6feddd5e99c.jpg

Sering kali kita merasa sibuk dengan aktivitas yang dilakukan sehingga tidak menyadari bagaimana perasaan kita saat melakukannya. Apakah kita merasa senang dan mampu menikmati aktivitas yang kita lakukan? Atau justru kita merasa lelah dan tertekan saat melakukannya? Lalu, bagaimana sensasi tubuh kita saat beraktivitas? Apakah tubuh kita terasa santai atau tegang dan kaku? Bagaimana perilaku kita saat beraktivitas? Apakah kita sadar dalam bergerak? Beraktivitas dengan sadar dapat melatih kita untuk semakin mengenal diri sendiri melalui aktivitas yang kita pilih untuk dilakukan.

 

“Sebelum mewarnai, saya mengasosiasikan mandala dengan bentuk-bentuk tertentu. Semakin lama, semakin lelah. Posisi duduk juga mulai berubah, awalnya duduk tegak, kemudian membungkuk, dan akhirnya selonjor. Saya juga merasa bosan dengan aktivitas yang dilakukan, jadi saya mewarnai sambil bernyanyi”.

~Erna, psikolog

 

“Baru sadar ternyata melakukan satu aktivitas itu rasanya melelahkan. Tadi mencoba untuk mengatur , gambar yang ini nanti diberi warna apa, tapi karena sudah lelah jadi sedapatnya saja ketika mewarnai”.

~Rangga, karyawan swasta

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s