Do Nothing

Sesi Hening Bersama

Hari, tanggal : Sabtu, 11 Maret 2017

Pukul               : 14.30-16.00 WIB

Tempat           : Charisma Consulting

Umumnya, ketika kita mendengar kata “do nothing”, kita akan berpikir “tidak melakukan apa-apa”. Sering kali do nothing juga dipersepsikan sebagai hal yang tidak produktif, membuang-buang waktu, kegiatan yang sia-sia, atau bermalas-malasan. Do nothing yang dimaksud bukanlah terkait dengan aktivitas, namun pikiran. Pikiran kita bekerja secara otomatis sehingga kita sering kali berusaha sekuat tenaga untuk mengontrolnya. Misalnya ketika kita mengalami suatu hal yang dirasa tidak menyenangkan, sering kali kita mengabaikan pikiran tidak nyaman tersebut dengan menyibukkan diri melakukan berbagai aktivitas atau mengalihkan pikiran tersebut dengan hal lain, seperti mengubah pikiran negatif dengan pikiran yang lebih positif.

Meditation-The-Art-of-Doing-Nothing-At-All-733x440.jpg

Pikiran kita yang aktif dan bekerja secara otomatis ibarat seekor monyet yang tidak dapat diam, aktif meloncat ke sana-sini. Sering kali yang kita lakukan ketika pikiran mulai mengembara atau meloncat-loncat adalah segera mengontrolnya atau mencari cara agar tidak lagi memikirkan hal tersebut. Hal ini sama saja dengan kita memasukkan monyet yang sangat aktif secara paksa ke dalam kandang agar ia segera diam. Namun yang terjadi monyet tersebut justru semakin kuat berusaha meloncat ke sana-sini untuk dapat keluar dari dalam kandang yang mengurungnya.

Latihan do nothing ibarat kita membuka gembok kandang yang mengurung monyet tersebut dan mengizinkannya keluar untuk meloncat-loncat sesuka hatinya. Setelah puas, ia pun akan tenang dengan sendirinya tanpa perlu kita kontrol dan kekang di dalam kandang. Melalui latihan do nothing, kita berlatih untuk mengizinkan pikiran di dalam diri mengembara dengan bebas dan tugas kita hanyalah mengamatinya saja. Hanya mengamati seperti kita sedang menonton film. Kita juga berlatih untuk mengalami kondisi alami pikiran kita yang bekerja secara otomatis dengan menerima pikiran apapun yang muncul secara apa adanya; tanpa mengubah, menolak, mengkritik ataupun menilai pikiran tersebut. Dengan demikian, kita akan lebih mampu untuk memahami pikiran-pikiran yang ada di dalam diri kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s