Forgiveness

Memaafkan

“  Ketika kita melepaskan keinginan yang ada didalam diri, tanpa sadar kita juga melepaskan hal-hal yang bertentangan pada saat yang sama. “ 

– Hale Dwoskin –

Para sahabat seperjalanan dalam berproses, Terima kasih Anda sudah meluangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan sederhana ini.

 “Apakah Anda sudah memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti Anda?

Dahulu bagi saya memaafkan adalah sesuatu hal yang sangat sulit, saya juga tidak mau melakukannya mengingat sakit yang saya terima kala itu. Semakin lama saya semakin tenggelam dalam lautan sakit hati setiap kali bertemu dengan orang yang pernah menyakiti saya. Saya bertanya kepada diri saya sendiri “sampai kapan akan seperti ini?”  “Jujur saja saya capek dengan kemarahan dan ketakutan yang saya alami ini.”

“Terus memendam amarah sama seperti menggenggam bara panas untuk dilontarkan kepada seseorang, Andalah yang terbakar”

Buddha –

Akhirnya saya tersadar ketika menemukan quotes diatas yang kebetulan saya temukan di buku yang saya baca, kemudian saya merenungkan kalimat dari Buddha tersebut. Akhirnya atas pertolongan tuhan saya dapat mengumpumlkan energi untuk memaafkan orang yang pernah yang menyakiti saya. Setelah lama tidak bertemu dengan oralotus-flowerng tersebut, akhirnya kami bertemu lagi dan ketika bertemu saya tidak merasakan marah dan takut lagi seperti dulu, terima kasih Tuhan atas pertolonganmu. Sikap orang tersebut berubah drastis kepada saya menjadi lebih baik dan sampai saat ini kami masih menjalin hubungan yang baik. Saya sangat bersyukur dan
berterima kasih kepada Tuhan karena telah mempertemukan saya dengan quotes dari Buddha dan mengubah hidup saya saat ini menjadi lebih baik.
Perjalanan memaafkan saya tidak sampai hanya pada cerita diatas, sampai saat ini saya masih belajar, berlatih, berproses untuk memaafkan dan mensyukuri apa yang saya terima saat ini.

Leave a Reply

